Rehad (Renungan Hadits) 173
Keutamaan Mempersiapkan Perbekalan Orang Yang Berjuang Di Jalan Allah Swt

عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِيِّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ جَهَّزَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَقَدْ غَزَا، وَمَنْ خَلَفَهُ فِي أَهْلِهِ بِخَيْرٍ فَقَدْ غَزَا (رواه مسلم)
Dari Zaid bin Khalid Al Juhani ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang menpersiapkan perlengkapan bagi orang yang akan berjuang di jalan Allah, maka sungfuh berarti ia telah ikut berjuang. Barangsiapa yang mengurusi keluarga yang ditinggalkan orang yang pergi berjuang di jalan Allah Swt, maka berarti dia telah ikut berjuang di jalan Allah Swt." (HR. Muslim, hadits no 3511)

Hikmah Hadits ;
1. Bahwa berjuang menegakkan agama Allah Swt memiliki keutamaan yang sangat besar dan sangat mulia, yaitu orang yang berjuang menegakkan agama Allah Swt akan mendapatkan ampunan dari segala dosa dan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukannya, dan ia pun kelak juga akan ditempatkan di dalam surga yang ditinggikan 100 derajat dibandingkan dengan yang lainnya, dimana antara derajat satu dgn yg lainnya adalah setinggi langit dan bumi.
2. Namum yang juga perlu digarisbawahi adalah bahwa berjuang menegakkan agama Allah sifatnya luas dan universal mencakup segala aspek dan segala sisinya, bukan hanya berjuang dalam artian berjihad dalam kancah peperangan dan atau pertempuran semata. Dalam konteks luasnya cakupan berjuang di jalan Allah Swt, Syekh Abdullah Nasih Ulwan, membaginya menjadi 5 bagian ;
#1). Sektor Pendidikan, yaitu dengan memiliki prestasi yang baik di bidang akademik serta menebarkan manfaat keilmuannya bagi umat. Dan bukankah menuntut ilmu serta mengajarkannya kepada orang lain adalah fardhu ain bagi setiap muslim dan muslimah?
#2). Sektor Ekonomi, yaitu dengan membangum kekuatan ekonomi umat, dari umat oleh umat dan untuk umat agar kesejahteraan umat menjadi semakin baik.
#3). Sektor Politik, yaitu dengan memperjuangkan aspirasi umat sesuai ajaran Al-Qur'an dan Sunnah dalan kebijakan dan perundangan. Sehingga kemaslahatan akan terwujud bagi umat.
#4). Sektor Arahan & Bimbingan Masyarakat, yaitu dengan pengajian, kajian, konsultasi syariah dan problem solving bagi umat.
#5). Sektor Pertahanan, yaitu pembelaan terhadap dinul Islam dari sisi kekuatan pertahanan dan keamananan, agar kebebasan menjalankan ajaran agama Allah dapat terwujid dengan baik.
3. Bahwa berdasarkan hadits di atas, mempersiapkan segala hal dalam rangka memperjuangkan agama di jalan Allah Swt adalah akan mendapatkan pahala dan keutamaa  yang sama persis dengan orang yang berjuang di jalan Allah Swt. Termasuk juga memperhatikan keluarga para pejuang di jalan Allah, dengan memenuhi kebutuhan dan keperluan mereka, juga akan mendapatkan keutamaan seperti para pejuang di jalan Allah Swt. Masya Allah... begitu mulianya orang-orang yang turut serta berperan dalam rangka membela agama Allah Swt, bahwa mereka akan mendapatkan segala keutamaan yg didapatkan para pejuang di jalan Allah, yaitu mendapatkan ampunan Allah atas segala dosa dan kesalahannya, ditempatkan di dalam surga dengan 100 derajat lebih tinggi dari para penghuni surga lainnya serta keridhaan dari Allah Swt.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment