Rehad (Renungan Hadits) 176
Dan Mereka Yang Selalu Istiqamahpun Akan Selalu Hadir Diantara Umat

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى الْحَقِّ لَا يَضُرُّهُمْ مَنْ خَذَلَهُمْ حَتَّى يَأْتِيَ أَمْرُ اللَّهِ وَهُمْ كَذَلِكَ (رواه مسلم)
Dari Tsauban ra berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Senantiasa akan ada segolongan dari ummatku yang selalu istiqamah tegak membela kebenaran. Orang-orang yang merendahkan mereka tidak akan pernah membahayakan mereka, hingga hari Kiamat terjadi dan mereka tetap akan seperti itu." (HR. Muslim, hadits no 3544)

Hikmah Hadits ;
1. Bahwa di tengah zaman yang diwarnai dengan hedonisme dan pragmatisme serta dihantam gelombang egoisme dan materialisme, ternyata di sana akan selalu ada sekelompok umat yang senantiasa istiqamah berdiri tegak membela kebenaran. Bagi mereka, haq adalah haq dan bathil adalah bathil, tanpa bias dan tanpa retorika serta tanpa pemutarbalikkan logika. Merekapun tiada gentar dan tiada pudar menghadapi fitnah, cacian, cercaan, hantaman serta celaan dari para pencela. Bagi mereka keridhaan Allah Swt adalah segalanya, puncak orientasinya dan obsesi terbesar dalam hidupnya.
2. Demikianlah kehendak Allah Swt yang akan selalu mengiringi dan mengawal perjalanan ummat Islam, hingga mengantarkan ummat ini kelak pada titik puncaknya, yaitu menjadi ummat yang mewarnai dunia dengan nilai-nilai keluhuran dan kemuliaan serta mengantarkan manusia pada tingkat kebaikan dan kebahagiaan hakiki dalam menapaki kehidupannya. Itulah esensi dari sabda Nabi Saw di atas, sekaligus menjadi penguat firman Allah Swt, "Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik. (QS. An-Nur : 55)
3. Maka alangkah mulianya, suatu pribadi atau suatu kelompok yang kemudian turut andil dalam memperjuangkan kehormatan ummat, serta isitqmah berada di atas kebenaran, kendatipun cacian, cercaan, fitnah, hantaman, dan segala bentuk kesewenangan menerpa dan menghantamnya. Ia tetap berdiri lantang membawa panji dan bendera Al-Qur'an, hingga ummat ini mendapatkan kemuliaan. Ya Rab... jadikanlah kami semua termasuk ke dalam golongan yang demikian, hingga kelak kami bertemu dengan-Mu sedangkan kami senantiasa istiqamah berada di jalan-Mu...

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment