Rehad 236. Antara Teman Yang Baik Dengan Teman Yang Buruk

Rehad (Renungan Hadits) 236
Antara Teman Yang Baik Dengan Teman Yang Buruk

عَنْ أَبِي مُوسَى عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً (رواه مسلم)
Dari Abu Musa ra, bajwa Nabi Saw bersabda,  "Sesungguhnya perumpamaan teman dekat yang baik dan teman dekat yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Seorang penjual minyak wangi terkadang mengoleskan wanginya kepada kamu dan terkadang kamu membelinya sebagian atau kamu dapat mencium semerbak harumnya minyak wangi itu. Sementara tukang pandai besi adakalanya ia membakar pakaian kamu ataupun kamu akan menciumi baunya yang tidak sedap." (HR. Muslim, hadits no 4762)

Hikmah Hadits ;
1. Bahwa dalan kehidupan, selalu ada dua sisi yang selalu berlawanan dan bertentangan, yang keduanya tiada akan pernah berpadu, yaitu sisi gelap dan sisi terang, atau sisi batil dan haq, serta sisi baik dan sisi buruk. Demikian juga halnya dengan ikatan pertemenan dan ukhuwah; selalu ada seorang sahabat atau teman yang baik dan juga ada sahabat dan teman yang buruk. Baik teman yang baik maupun teman yang buruk, keduanya selalu ada di sekitar kita dalam setiap kehidupan kita. Pilihan untuk berteman dan menjadikannya sebagai sahabat setia atau guna menjadi mitra dala merajut tali ukhuwah, semuanya ada pada kita.
2. Maka ada baiknya kita berhati-hati dan teliti dalam memilih teman, karena "agama" seseorang adalah sangat bergantung pada teman dan sahabat pergaulannya. Jika baik teman dan pergaulannya maka insya Allah akan baik pula agamanya. Sebaliknya jika buruk temannya, maka akan menjadi buruk pula agamanya. Hal ini senagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits ;
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ (رواه أبو داود)
Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seseorang itu bergantung pada agama teman gaulnya, maka hendaklah salah seorang diantara kalian melihat dengan siapa yang menjadi teman gaulnya." (HR. Abu Daud, no 4193)
3. Bahwa indikator kebaikan seorang teman, bukan hanya diukur dari betapa baiknya seorang dalam perhatian maupun pemberian yg diberikannya kepada kita. Namun indikator kebaikannya adalah seberapa jauh ia bisa mengantarkan kita menjadi lebih dekat dengan Allah Swt; menjadikan kita lebih rajin beribadah serta menjadikan kita semakin terhindar dari perbuatan dosa dan maksiat. Itulah sebabnya, Nabi Saw memberikan perumpamaannya seperti berteman dengan penjual minyak; wangi dimana kita akan selalu merasakan aroma keharuman wanginya, bahkan terkadang dioleskan sebagian minyak wanginya ke diri kita.
4. Sebaliknya teman yang buruk, indikatornya adalah teman yang justru semakin menjauhkan kita dari Allah, menarik kita dalam lembah cinta dunia dan kemaksiatan, membuat kita lalai dari ibadah, menjadikan kita "berani" mencoba-coba yang haram, serta menyeret kita pada kemurkaan Allah Swt. Itulah sebabnya, Nabi Saw memgumpamakannya seperti berada bersama dgn tukang besi, yang selalu meniup api guna membakar besinya; udara panas dan percikan api selalu menjadi kesehariannya, yang terkadang hawa panasnya, aroma keringatnya yang tidak sedap serta bahkam percikan apinya dapat saja mengenai dan membakar kita. Maka, mari kita selektif dalam memilih teman dan sahabat, agar kita bisa mendapatkan kebaikannya seperti kebaikan minyak wangi yang harum dan mengharumkan kita serta mengantarkan kita pada keridhaan Allah Swt.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

1 Comment:

  1. Blogger said...
    If you're trying to lose weight then you absolutely need to start using this totally brand new custom keto meal plan.

    To produce this service, certified nutritionists, fitness trainers, and cooks have united to produce keto meal plans that are effective, convenient, price-efficient, and delightful.

    Since their first launch in 2019, 100's of people have already remodeled their figure and well-being with the benefits a great keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-tested ones offered by the keto meal plan.

Post a Comment