Rehad (Renungan Hadits) 169
Berpergian Di Jalan Allah Adalah Lebih Mulia Daripada Dunia & Segala Isinya

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَغَدْوَةٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ رَوْحَةٌ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا (رواه مسلم)
Dari Anas bin Malik ra berkata, "Bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Berpergian di jalan Allah, baik di pagi hari ataupun di sore hari adalah lebih baik daripada dunia dan segala isinya." (HR. Muslim, hadits no 3492)

Hikmah Hadits ;
1. Bahwa pada hakekatnya setiap manusia diciptakan oleh Allah Swt adalah semata2 hanya untuk beribadah kepada-Nya. Hal ini sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an, "Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka mengabdi (beribadah) kepada-Ku".(QS. Ad-Dzariyat : 56). Maka segala apapun yang kita lakukan, sudah seharusnya merefleksikan nilai2 ibadah kepada Allah, yang semakin hari harus menjadi sarana untuk semakin mendekatkan diri kita kepada Allah Swt.
2. Dalam koteks setiap kita adalah seorang hamba, jikapun perlu untuk berpergian, maka berpergian pun haruslah dilakukan dalam rangka ketaatan dan atau untuk memperjuangkan agama Allah Swt, bukan untuk maksiat atau menjauhkan diri dari Allah Swt. Seperti perjalanan dalam rangka untuk ibadah, menuntut ilmu, birrul walidain, mengunjungi para ulama, terlebih perjalanan dalam rangka mengagungkan dan memuliakan kehormatan agama Islam, ketika ada orang orang atau kelompok yang menistakan agama Islam, menghina dan merendahkannya. Perjalanan seperti ini adalah merupakan perjalanan fi sabilillah.
3. Dan insya Allah, perjalanan yang seperti inilah yang kelak akan mendatangkan benefit yang sangat mulia di sisi Allah Swt yaitu "lebih baik dari dunia dan segala isinya". Masya Allah... dunia dengan segala isinya adalah idaman dan dambaan setiap manusia, dengan rumah megah nan luasnya, dengan kendaraan mewah nan nyamannya, dengan pendamping hidup yang cantik atau tampan yg mempesona, dengan emas, perhiasan dengan segala pernak perniknya, dengan uang yang melimpah yang selalu terus bertambah dan tidak pernah berkurang...dan dengan segala keindahan dan pesona dunia lainnya yang membuat mata terpana... Namun semua itu ternyata tidak ada apa2nya dibandingkan dengan "berpergian" di jalan Allah Swt dalam rangka memperjuangkan dan memuliakan agama Allah Swt.
4. Maka, hendaknya setiap kita memastikan bahwa setiap perjalanan yang dilakukannya adalah dalam rangka ketaatan kepada Allah Swt dan atau dalam tangka memperjuangkan agama Allah Swt. Karena dengan demikian berarti kita mendapatkan benefit yang luar biasa mulianya, yaitu balasan yang lebih baik dibandingkan dengan dunia dan segala isinya. Ya Rabb, izinkan kami mendapatkan kemuliaan tersebut...

Wallahu A'lam bis shawab
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment