Rehad (Renungan Hadits) 179
Ada Sunnah Dalam Menyambut Seseorang Yang Akan Pulang Ke Rumah

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي غَزَاة،ٍ فَلَمَّا قَدِمْنَا الْمَدِينَةَ ذَهَبْنَا لِنَدْخُل،َ فَقَالَ أَمْهِلُوا حَتَّى نَدْخُلَ لَيْلًا أَيْ عِشَاءً، كَيْ تَمْتَشِطَ الشَّعِثَةُ وَتَسْتَحِدَّ الْمُغِيبَةُ (رواه مسلم)
Dari Jabir bin Abdullah ra berkata, "Kami pernah berperang bersama Nabi Saw. Ketika kami tiba di Madinah dan kami bermaksud hendak segera pulang ke rumah kami masing-masing, beliau bersabda: "Tunggulah dahulu hingga hari agak senja, sisirlah dahulu rambut kalian yang kusut, berilah kesempatan kepada keluarga kalian untuk bersiap-siap dan berhias (untuk menyambut kedatangan kalian)." (HR. Muslim, hadits no. 3556)

Hikmah ;
1. Anjuran untuk pulang kembali ke rumah pada sore atau senja hari ketika telah selesai dari suatu urusan, baik urusan dalam safar (perjalanan), pekerjaan maupun urusan dan kegiatan lainnya, bahkan termasuk juga dalam perjalanan peperangan sebagaimana dijelaskan dalam hadits di atas. Sebaliknya dalam riwayat lainnya Nabi Saw melarang seseorang untuk pulang kembali ke rumahnya di waktu tengah malam, karena khawatir mengejutkan dan menyusahkan orang rumah (lihat rehad 178).
2. Selain terdapat sunnah dan atau anjuran bagi orang yang hendak pulang ke rumah, dalam sunnah juga terdapat anjuran bagi orang yang ada di rumah, dalam rangka menyambut mereka yang akan tiba dirumah. Anjuran bagi yamg ada di rumah (istri dan anak-anak maupun anggota keluarga lainnya) adalah dengan bersiap-siap yaitu mempersiapkan segala sesuatu yang dapat menyenangkan orang yang akan tiba di rumah, dan juga berhias, yaitu agar sedap dipandang mata dan semakin menumbuhkan rasa cinta bagi suami istri maupun juga terhadap anak2nya. Anjuran seperti ini adalah bagian dari sunnah Rasulullah Saw yang hendaknya dilaksankan oleh kita.
3. Bahwa sunnah memberikan anjuran yang seimbang dalam segala hal, khususnya antara kedua pihak yang terkait. Sehingga dengN mengamalkan sunnah akan terjadi keharmonian dan keselarasan. Karena sunnah itu indah dan mudah serta karena sunnah akan mengarahkan pada kebaikan dan ketentraman jiwa.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment