Rehad (Renungan Hadits) 182
Dan Ada Sunnah Di Rumah Kita Ketika Senja Telah Menjelang

عن جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُم،ْ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْتَشِرُ حِينَئِذ،ٍ فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ، وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَاب،َ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُم (رواه مسلم)
Dari Jabir bin 'Abdullah ra berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Bila hari telah senja maka laranglah anak-anak kalian keluar dari rumah, karena pada waktu tersebut, saatnya syaitan berkeliaran. Dan bila waktu malam tiba (waktu maghrib telah usai) bolehkanlah mereka (jika ada keperluan keluar rumah). Dan kuncilah pintu-pintu rumah dan sebutlah nama Allah, karena setan tidak dapat membuka pintu yang terkunci (dengan menyebut nama Allah). Lalu tutuplah semua bejanamu dengan menyebut nama Allah, sekalipun dengan membentangkan sesuatu di atasnya, dan padamkan lampu (ketika hendak tidur)." (HR. Muslim, hadits no 3756)

Hikmah Hadits ;
1. Ada beberapa sunnah yang dianjurkan untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari di dalam rumah kita, khususnya ketika senja telah menjelang. Sunnah-sunnah tersebut adalah sebagai berikut ;
#1. Hendaknya kita melarang anak2 kecil keluar rumah ketika menjelang senja (waktu maghrib tiba). Karena pada waktu tersebut adalah waktu berkeliarannya syaitan. Sehingga dikhawatirkan anak2 akan rentan terhadap gangguan dan godaan syaitan. Jikapun ada keperluan dan harus keluar rumah, maka hendaknya dilakukan setelah usai waktu maghrib dan waktu isya telah datang.
#2. Anjuran untuk mengunci pintu, khususnya di waktu malam ketika hendak tidur beristirahat. Dan hendaknya mengunci pintu dilakukan dengan menyebut nama Allah Swt, seperti dengan membaca basmalah atau dengan kalimat dzikir lainnya. Dan insya Allah mengunci pintu dengan menyebut nama Allah akan menghindarkan dari berbagai bentuk kejahatan. Karena syaitan tidak akan bisa membuka pintu yang telah dikunci dengan menyebut nama Allah Swt.
#3. Dianjurkan juga di waktu malam untuk menutup wadah air minum, panci, wajan, wadah berisi makanan ataupun perkakas lainnya yang ada makanannya. Karena bisa jadi, syaitan mengotorinya dan memberikan mudharat yang dikhawatirkan menimbulkan penyakit bagi keluarga. Kalaupun tidak ada penutup yg dapat menutup keseluruhan wadah, maka carilah sesuatu seperti batang kayu, atau yg sejenisnya untuk sekedar melintangkan di atasnya dengan menyebut nama Allah. Maka insya Allah hal tersebut bisa menutupinya dan menjaganya dengan izin Allah Swt.
#4. Terakhir, kita juga disunnahkan untuk mematikan lampu ketika hendak tidur beristirahat. Dalam kondisi istirahat, mematikan lampu adalah lebih baik bagi badan kita, agar dapat beristirahat secara lebih maksimal, dan tentunya mendatangkan pahala karena mengamalkan sunnah.
2. Walaupun keempat hal di atas adalah anjuran yang bersifat sunnah dan bukan merupakan kewajiban, namun mengamalkan dan membiasakannya dalam kehidupan sehari2 tentunya akan lebih baik. Karena setiap sunnah yang diamalkan, insya Allah akan memberikan kemaslahatan dan kebaikan bagi kita semua.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag.

0 Comments:

Post a Comment