Rehad (Renungan Hadits)  142
Dan Berbagai Kemuliaan Itupun Bertebaran Di Bulan Muharram

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra ia berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadlan adalah puasa pada bulan Allah Al-Muharram. Dan sebaik-baik shalat setelah shalat Fardlu, adalah shalat malam." (HR. Muslim, hadits no. 1982)

Hikmah Hadits :
1. Bahwa bulan Muharram memiliki beberapa keistimewaan dan kemuliaan, diantaranya adalah sebagai berikut ;
#1) Bulan Muharram merupakan satu diantara bulan-bulan yang haram yaitu bulan2 yang dimuliakan dan disucikan. Karena di bulan2 tersebut berbagai bentuk perbuatan yang terlarang semakin ditekankan pelarangannya, seperti berperang, mengambil hak orang lain, mencederai kehormatan orang lain dsb. Dalam riwayat disebutkan, bahwa Nabi Saw bersabda, Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan diantaranya terdapat empat bulan yang dihormati : 3 bulan berturut-turut; Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram serta satubulan yang terpisah yaitu Rajab Mudhar, yang terdapat diantara bulan Jumada Akhir dan Sya’ban.” (HR. Muslim)
#2). Bulan Muharram merupakan bulan yang secara penamaannya dinisbatkan kepada Allah Swt sebagaimana digambarkan dalam hadits di atas, Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadlan adalah puasa pada bulan Allah Al-Muharram..."(HR. Muslim)
#3). Bulan Muharram, khususnya pada 10 Muharram, merupakan hari dimana Allah Swt menyelamatkan dari Bani Israil dari musuhnya, sehingga Nabi Musa as berpuasa pada hari tersebut. Dalam riwayat disebutkan, 'Ketika Rasulullah Saw. tiba di Madinah, beliau melihat orang Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura, maka Beliau bertanya : “Hari apa ini?. Mereka menjawab, “Ini adalah hari istimewa, karena pada hari ini Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, Karena itu Nabi Musa berpuasa pada hari ini. Maka Rasulullah Saw bersabda, “Aku lebih berhak terhadap Musa daripada kalian“. Maka beliau berpuasa dan memerintahkan shahabatnya untuk berpuasa di tahun yang akan datang.' (HR. Muslim)
#4). Bulan Muharram merupakan bulan dimana kaum muslimin melaksnakan puasa sebelum diwajibkannya puasa Ramadhan, sebagaimana disebutkan dalam riwayat, Dari Abdullah bin Umar ra bahwa kaum Jahiliyah dulu berpuasa Asyuro dan Rasulullah Saw serta kaum muslimin juga berpuasa sebelum diwajibkan puasa Ramadhan..' (HR. Muslim).
2. Maka pada bulan Muharram ini anjuran untuk melakukan amal shaleh sangat ditekankan dan sebaliknya perbuatan terlarang sangat ditekankan untuk dianjurkan. Karena pahala amal shaleh akan dilipatgandakan, sementara dosa dari perbuatan nista juga akan menjadi berlipatganda pula.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment