Rehad (Renungan Hadits) 156
Tiga Hal Yang Disukai dan Tiga Hal Yang Dibenci Oleh Allah Allah Swt

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يَرْضَى لَكُمْ ثَلَاثًا وَيَكْرَهُ لَكُمْ ثَلَاثًا، فَيَرْضَى لَكُمْ أَنْ تَعْبُدُوهُ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا، وَأَنْ تَعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا، وَيَكْرَهُ لَكُمْ قِيلَ وَقَال،َ وَكَثْرَةَ السُّؤَال،ِ وَإِضَاعَةِ الْمَالِ (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Sesungguhnya Allah menyukai tiga perkara dan membenci tiga perkara. Allah menyukai kalian beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun; kalian berpegang teguh dengan agama-Nya dan tidak berpecah belah. Dan Allah membenci kalian dari mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya dan menyia-nyiakan harta." (HR. Muslim, hadits no 3236)

Hikmah Hadits ;
1. Ada tiga hal atau tiga amalan yang apabila dilakukan oleh seseorang maka niscaya Allah Swt akan ridha dan mencintainya. Ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut ;
#A. Menyembah Allah Swt dan tidak menyekutukan Allah terhadap sesuatu apapun juga (tidak syirik). Yaitu senantiasa berusaha istiqamah dalam tauhidullah sepanjang hayat dgn merealisasikan ibadah serta menjauhi segala hal yang mengandung unsur kemusyrikan kepada Allah Swt.
#B. Berpegang teguh terhadap tali agama Allah Swt, yaitu berpegang teguh pada hukum dan aturan Allah Swt, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Al-Qur'an maupun juga disabdakan oleh Nabi Saw dalam sunnahnya. Dengan kata lain, berusaha untuj melaksanakan segala yg diperintahkan Allah Swt dan meninggalkan segala yang diharamkan oleh Allah Swt.
#C. Tidak berpecah belah antara sesama umat Islam. Karena sesama orang2 yang beriman adalah bersaudara, maka harus menjadikan sesama muslim sebagai saudara bahkan seharusnya sesama muslim adalah ibarat satu tubuh, yang apabila salah satu bagian tubuh ada yg sakit, maka bagian tubuh lainnya akan merasakan sakit juga.
2. Selain menjelaskan tentang tiga hal yang dicintai dan diridhai Allah Swt, hadits di atas juga menggambarkan tentang tiga hal yang dibenci oleh Allah Swt, yang apabila seseorang melakukannya niscaya Allah Swt akan membencinya. Tiga hal tersebut adalah ;
#A. Qila wa qala, yaitu menyebar berita yang tidak jelas sumbernya, yaitu berita atau informasi atau apapun namanya, baik secara lisan maupun melalui media sosial. Terlebih di era sekarang ini, banyak diantara kita yang terjebak pada sharing berita atau informasi melalui media sosial sebelum jelas informasi atau sumbernya. Sehingga tidak jarang menimbulkan keresahan bahkan merusak ukhuwah Islamiyah.
#B. Terlalu banyak bertanya, yaitu terlalu banyak bertanya pada hal2 yang tidak perlu yang justru akan menimbulkan kesulitan. Adapun bertanya perihal ilmu pengetahuan, atau terhadap hal yang bermanfaat adalah boleh bahkan bisa jadi dianjurkan.
#C. Menyia-nyiakan harta, seperti boros dalam pengeluaran uang, atau mengeluarkan uang untuk hal2 yang tidak ada/ kurang manfaatnya. Termasuk juga di dalamnya terlalu mewah dalam membeli suatu barang tertentu, spt hp, kendaraan, jam tangan, pakaian, dsb. Krn harta sebaiknya dimanfaatkan utk hal2 yg mendatangkan maslahat, spt nafkah yg baik kpd keluarga dan juga digunakan utk zakat, infak dan shadaqah.
3. Mudah2an kita semua termasuk ke dalam golongan orang2 yang senantiasa mendapatkan cinta dan ridha dari Allah Swt serta terhindar dari segala bentuk kemurkaan dan kebencian Allah Swt. Amiiin Ya Rabbal Alamiin..

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment