Rehad (Renungan Hadits) 199
Dua Calon Penghuni Neraka Yang Akan Mewarnai Dunia Di Suatu Masa

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلَاتٌ مَائِلَاتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra berkata; Rasulullah Saw bersabda, "Ada dua golongan penduduk neraka yang keduanya belum pernah aku lihat. (Yaitu) 1. Kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, yang dipergunakannya untuk memukul manusia. 2 Wanita-wanita yang berpakaian, tetapi bertelanjang (terlalu minim, terlalu tipis, transparan, terlalu ketat, atau pakaian yang menggoda pria karena sebagian auratnya terbuka), berjalan dengan berlenggok-lenggok, mudah dirayu atau suka merayu, rambut mereka (dihias) bagaikan punuk unta. Wanita-wanita tersebut tidak dapat masuk surga, bahkan tidak dapat mencium bau surga. Padahal bau surga itu dapat tercium dari begini dan begini." (HR. Muslim, hadits no 3971)

Hikmah Hadits ;
1. Gambaran Nabi Saw tentang dua golongan manusia yang akan mewarnai zamannya pada suatu masa mendatang yang keduanya tidak pernah terjadi di zaman Nabi Saw. Kedua golongan tsb adalah ;
#1. Maraknya 'kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, yang dipergunakannya untuk memukul manusia'. Sebagian ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan sabda Nabi Saw tsb adalah kiasan pada marak dan banyaknya aparat penegak hukum yang memiliki kuasa (diibaratkan memiliki cambuk spt ekor sapi), berlaku dzalim dan sewenang2 terhadap rakyatnya ; yang salah dianggap benar dan dibela mati-matian, sementara orang-orang baik, benar, shaleh dan jujur dianggap salah serta didzalimi sedemikian rupa. Dalam riwayat lainnya juga disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Bila usiamu panjang, kamu akan melihat suatu kaum di tangan mereka menggenggam (cambuk) seperti ekor sapi, pagi harinya mereka berada dalam kemarahan Allah dan di sore harinya mereka berada dalam kemurkaan Allah." (HR. Muslim, hadits no 5099). Aparat penegak hukum yang dzalim seperti itu akan banyak dan marak di masa tersebut, dan setiap hari  mereka berada dalam kebencian dan kemurkaan Allah Swt karena kedzaliman dan kesewnang-wenangannya terhadap manusia.
#2. Maraknya kaum wanita yg suka menggoda; diibaratkan seolah mereka berpakaian namun pada hakekatnya mereka telanjang; berpakaian namun membuka auratnya (mini, ketat, transparan, genit, memiliki model rambut yg menggoda, suka merayu dan senang dirayu). Sehingga zina marak dan merebak dimana2 pada masa tersebut. Dalam riwayat lainnya juga disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Diantara tanda-tanda hari kiamat adalah diangkatnya ilmu, merajalelanya kebodohan, banyaknya orang yang meminum minuman keras, dan zina dilakukan dengan terang-terangan." (HR. Muslim hadits no 4824).
3. Kondisi yg disabdakan Nabi Saw dalam hadits di atas, rasanya memiliki banyak kesamaan dengan kondisi yang terjadi di zaman sekarang ini; maraknya penegak hukum yang berlaku dzalim dan sewenang- wenang (mereka berada dalam murka Allah Swt) dan banyaknya wanita berpenampilan menggoda serta menebar zina (mereka tdk akan pernah mencium baunya surga). Maka, terhadap hal tersebut hendaknya setiap muslim berupaya untuk senantiasa istiqamah di jalan Allah Swt dengan berusaha berpegang teguh thd ajaran agama Islam. Sering mendatangi majelis2 ilmu, menghadiri pengajian, mendengar nasehat ulama, membaca dan mengamalkan Al-Qur'an dan selalu beroda memohon keselamatan dari Allah Swt. Mudah2an Allah Swt selamatkan kita dan seluruh keluarga kita dari segala macam bentuk fitnah, dan kita dimasukkan ke dalam golongan orang2 yg selalu istiqamah di jalan-Nya... Amiiin Ya Rabbal Alamiin.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment