Rehad (Renungan Hadits) 77
Dan Kelak Nabi Isa as Pun Akan Diturunkan Allah Swt Ke Muka Bumi

عن أَبَي هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَيُوشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيكُمْ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا، فَيَكْسِرَ الصَّلِيب،َ وَيَقْتُلَ الْخِنْزِير،َ وَيَضَعَ الْجِزْيَةَ، وَيَفِيضُ الْمَالُ حَتَّى لَا يَقْبَلَهُ أَحَدٌ  (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra, Bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sungguh, kedatangan Isa bin Maryam kepada kalian untuk menjadi hakim secara adil akan segera tiba. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi serta menghapuskan jizyah (dari orang kafir). Harta akan melimpah ruah, sehingga tidak ada seorang pun yang ingin menerimanya." (HR. Muslim, hadits no. 220)

Hikmah Hadits ;
1. Diantara yang harus kita yakini sebagai seorang muslim adalah bahwa kelak Nabi Isa as akan kembali diturunkan Allah Swt ke muka bumi, setelah dahulu beliau diangkat oleh Allah Swt ke langit saat dikejar2 oleh kaumnya untuk dibunuh dan disalib, sebagaimana firman Allah Swt dalam Al-Qur'an ; "Dan karena ucapan mereka, 'Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.(QS. Al-Baqarah ; 157 - 158)
2. Pada saat Nabi Isa as diturunkan Allah ke muka bumi kelak, beliau akan menghancurkan salib, membunuh babi, dan menghapuskan jizyah, tentu disamping juga bahwa kelak Nabi Isa as pulalah yang akan menyelamatkan umat dari fitnah Dajjal dengan membunuh Dajjal. Pada zaman Nabi Isa as kelak pulalah harta kekayaan akan melimpah ruah, kekayaan ada dimana-mana, sehingga betapa banyak orang yang mau bersedekah namun hampir2 tak seorang pun yang mau menerimanya lantaran semua sudah tercukupi kebutuhannya.
3. Maka sebagai seorang muslim, kita wajib meyakini dengan seyakin-yakinnya akan kebenaran ajaran Dinul Islam, sekaligus berpegang teguh terhadap ajaran Islam, karena agama yang benar di sisi Allah Swt hanyalah agama Islam saja. Dan hendaknya kita juga memanfaatkan waktu kehidupan yang Allah berikan ini, untuk memperbanyak ibadah dan melakukan amal shaleh. Karena kelak, segala kebenaran akan menjadi terbuka dan menjadi nyata dan kebathilan akan menjadi hilang dan sirna. Semoga Allah Swt menguatkan Iman dan Islam kita serta semoga Allah Swt mengistiqamahkan kita dalam Dinul Islam... Amiiin Ya Rabbal Alamiin.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment