Rehad 085. Diantara Adab dan Etika Saat Buang Hajat

Rehad (Renungan Hadits) 85
Diantara Adab dan Etika Saat Buang Hajat

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَتَيْتُمْ الْغَائِطَ فَلَا تَسْتَقْبِلُوا الْقِبْلَةَ وَلَا تَسْتَدْبِرُوهَا بِبَوْلٍ وَلَا غَائِط،ٍ وَلَكِنْ شَرِّقُوا أَوْ غَرِّبُوا (رواه مسلم)
Dari Abu Ayyub ra berkata, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Apabila kalian mendatangi tempat buang hajat, maka janganlah kalian menghadap kiblat dan jangan pula membelakanginya; baik saat buang air besar atau saat buang air kecil. Akan tetapi menghadaplah ke timur atau ke barat.' (HR. Muslim, hadits no. 388)

Hikmah Hadits ;
1. Betapa luhur dan mulianya etika dan akhlak dalam Islam, yang mengajarkan tatakrama dalam kehidupan sehari-hari, termasuk juga mengajarkan tatakrama dalam hal- hal yang kecil, seperti saat membuang hajat di kamar kecil atau di tempat pembuangan hajat lainnya, seperti di jamban, dsb.
2. Diantara adab dan etika yang diajarkan Islam saat buang hajat adalah, agar kita tidak menghadap ke arah kiblat atau membelakanginya, yaitu arah menghadap atau membelakangi Ka'bah, baik pada saat buang hajat kecil maupun pada saat buang hajat besar. Karena arah Ka'bah merupakah arah yang digunakan untuk menghadapkan wajah kita saat menjalankan berbagai ibadah yang utama, khususnya ibadah shalat. Sehingga tidak patut untuk menghadapkan diri ke arah Ka'bah yang terletak di tanah suci, kecuali dalam hal melakukan amal perbuatan yang baik dan suci pula, yaitu seperti saat shalat, membaca Al-Qur'an, berdzikir dan berdoa, dsb.
3. Maka, apabila kita hendak membuang hajat, usahakan semaksimal mungkin untuk tidak menghadap ke arah Ka'bah. Kita dianjurkan menghadap ke arah mana saja, yang bukan arah Ka'bah dan bukan juga arah membelakangi Ka'bah. Adapun konteks diperintahkan untuk menghadap ke timur atau ke barat, sebagaimana disebutkan Nabi Saw dalam hadits di atas, mengandung pengertian, bahwa pada saat itu posisi Nabi Saw dan para sahabat adalah di Madinah, yang terletak di sebelah utara kota Mekah. Artinya dari Madinah, Kiblat ada di posisi sebelah selatan. Maka, jangan menghadap ke Selatan (menghadap arah Ka'bah), jangan pula menghadap ke Utara (membelakangi Ka'bah), namun hendaknya menghadaplah ke arah yg bukan arah Ka'bah atau arah membelakangi Ka'bah (yaitu ke arah timur atau arah barat). Subhanallah, betapa indah dan mulianya akhlak dan etika dalam ajaran agama Islam.

Wallahu A'lam bis Shawab
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag.

0 Comments:

Post a Comment