Renungan Hadits 84
Gugurnya Dosa Dalam Wudhu, Bersamaan Dengan Menetesnya Air Wudhu Dari Anggota Badan

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا تَوَضَّأَ الْعَبْدُ الْمُسْلِمُ أَوْ الْمُؤْمِنُ فَغَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ نَظَرَ إِلَيْهَا بِعَيْنَيْهِ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ، فَإِذَا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَ مِنْ يَدَيْهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ كَانَ بَطَشَتْهَا يَدَاهُ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاء،ِ فَإِذَا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتْ كُلُّ خَطِيئَةٍ مَشَتْهَا رِجْلَاهُ مَعَ الْمَاءِ أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ، حَتَّى يَخْرُجَ نَقِيًّا مِنْ الذُّنُوبِ (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Apabila seorang mu'min berwudhu, lalu ia membasuh wajahnya, maka keluarlah dari wajahnya segala kesalahan yang dia lihat dengan kedua matanya bersama turunnya air wudhu atau bersama akhir dari tetesan air wudhunya. Dan apabila dia membasuh kedua tangannya, maka keluar dari kedua tangannya semua kesalahan yang dilakukan oleh kedua tangannya bersama dengan turunnya air, atau akhir dari tetesan air wudhunya. Dan apabila ia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah kedua kakinya semua kesalahan yang dilakukan oleh kedua kakinya bersamaan dengan turunnya air atau akhir dari tetesan airnya, hingga ia akan keluar menjadi bersih dari dosa dan kesalahan." (HR. Muslim, hadits no. 360)

Hikmah Hadits ;
1. Keutamaan berwudhu, yaitu bahwa selain berwudhu merupakan salah satu syarat sahnya shalat, wudhu juga memiliki keutamaan lainnya, yaitu akan dapat menghapuskan dosa dan kesalahan yang dilakukan oleh hamba-hamba Allah Swt khususnya oleh anggota tubuh yang terkena oleh air wudhu.
2. Keluar atau bergugurannya dosa dan kesalahan yang dilakukan oleh anggota tubuhnya adalah bersamaan dengan menetesnya air wudhu dari anggota tubuhnya, atau bersamaan dengan tetesan terakhir air wudhu yg menetes dari tubuhnya. Sehingga sesungguhnya setiap tetes air yang menetes dari tubuhnya adalah sangat berarti, yaitu bahwa ia membawa dan mengeluarkan dosa-dosanya, dari kedua matanya, dari mulutnya, dari kedua tangannya dan dari kedua kakinya.
3. Pada akhirnya, dengan sering melakukan wudhu, tentu dengan tatacara wudhu yang benar, Allah Swt ingin menjadikan hamba-hamba-Nya sebagai orang-orang yang bersih dan suci, baik secara lahir maupun bathin, serta terbebas dari segala dosa dan kesalahan. Karena kelak di akhirat, semua orang akan menjadi hina di hadapan-Nya, kecuali orang-orang yang menghadap Allah Swt dengan hati yang bersih, dan terbebas dari dosa dan kesalahan. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang senantiasa mendapatkan ampunan dosa dan kesalahan dari Allah Swt.... Amiiin.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag.

0 Comments:

Post a Comment