Rehad 068. Tiga Perkara Yang Sangat Dimurkai Allah Swt

Rehad (Renungan Hadits) 68
Tiga Perkara Yang Sangat Dimurkai Allah Swt

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمْ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يُزَكِّيهِمْ (قَالَ أَبُو مُعَاوِيَة)َ وَلَا يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ، شَيْخٌ زَان،ٍ وَمَلِكٌ كَذَّابٌ، وَعَائِلٌ مُسْتَكْبِرٌ (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Ada tiga golongan yang Allah tidak akan mengajak mereka berbicara pada hari kiamat, Allah tidak akan mensucikan mereka." (Abu Mu'awiyah menyebutkan), "Dan Allah tidak akan memandang mereka. Dan mereka mendapatkan siksa yang pedih. (Yaitu) orang tua yang berbuat zina, pemimpin yang pendusta, dan orang miskin yang sombong." (HR. Muslim, hadits no 156)

Hikmah Hadits ;
1. Ada tiga golongan yang sangat ekstrim dan sangat melampaui batas dalam berbuat kedzaliman dan kemaksiatan kepada Allah Swt, yang oleh karenanya Allah sangat murka kepada mereka, sehingga kelak di akhirat Allah tiada sudi untuk berbicara kepada mereka, tiada sudi untuk memandang wajah mereka, Allah pun tidak akan mensucikan mereka, dan justru mereka akan mendapatkan adzab dalam kobaran api neraka. Ketiga golongan tersebut adalah ;
#1. Orang tua yang selalu berbuat zina. Yaitu orang yang usianya sudah cukup tua, yang seharusnya semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt, karena tentu logika umum dan sederhananya, seharusnya semakin bertambah usia, akan semakin mendekatkannya pada kematiannya. Namun yang terjadi justru sebaliknya, hidupnya bergelimang dengan maksiat dan dosa, yaitu kerap perbuatan zina di hari tua. Maka tentulah Allah Swt sangat murka, hingga kelak ia akan dinistakan dan dibakar dalam api neraka yang menyala-nyala.
#2. Penguasa yang selalu berdusta. Yaitu sesorang yang telah diberi amanah untuk memimpin rakyatnya, untuk mencukupi kebutuhan dan keperluan mereka, serta diberi amanah untuk melindungi rakyatnya dari kedzaliman dan aniaya. Namun yang terjadi justru sebaliknya, ia "jual" rakyatnya untuk kepnetingan diri dan kroninya, ia biarkan "musuh" menyelinap masuk ke dalam jantung urat nadi rakyatnya untuk menguasai aset dan kekayaan mereka, maka kemudian ia kerap berdusta, untuk menutupi kebohongannya, dengan gaya pencitraannya. Maka pemimpin seperti ini kelak akan menjadi penghuni neraka.
#3. Orang miskin yang sombong. Karena kesombongan adalah perbuatan yang sangat tercela dan terhina, walaupun dilakukan oleh orang kaya dan punya kuasa.  Iblis saja menjadi makhluk terkutuk dan mendapat murka, lantaran sombong tidak taat terhadap perintah dari Yang Maha Kuasa. Apatah lagi jika kesombongan lahir dari seorang miskin yang papa, yang tiada ada baginya untuk menjadi alasan keaombongannya. Maka tentulah kesombongannya menjadi sangat terhina, karena tiada ia punya alasan untuk merasa bangga. Maka tempat kembalinya kelak di akhirat adalah neraka.
2. Maka, sebagai hamba yang lemah yang tiada daya dan penuh dengan alpa, hendaknya kita selalu berusaha sekuat tenaga, agar tiada mendapatkan murka, dari Yang Maha Kuasa. Dengan menghindarkan diri dari ketiga perkara yang sangat hina, sebagaimana digambarkan di atas dalam hadits oleh Nabi Kita Muhammad Saw Al-Mushtafa...

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment