Rehad (Renungan Hadits) 116
Tiga Hal Dalam Muamalah Yang Sangat Dibenci Allah Swt

عن أَبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثَلَاثَةٌ لَا يَنْظُرُ اللَّهُ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ، رَجُلٌ كَانَ لَهُ فَضْلُ مَاءٍ بِالطَّرِيقِ فَمَنَعَهُ مِنْ ابْنِ السَّبِيل،ِ وَرَجُلٌ بَايَعَ إِمَامًا لَا يُبَايِعُهُ إِلَّا لِدُنْيَا، فَإِنْ أَعْطَاهُ مِنْهَا رَضِيَ وَإِنْ لَمْ يُعْطِهِ مِنْهَا سَخِطَ، وَرَجُلٌ أَقَامَ سِلْعَتَهُ بَعْدَ الْعَصْرِ فَقَالَ وَاللَّهِ الَّذِي لَا إِلَهَ غَيْرُهُ لَقَدْ أَعْطَيْتُ بِهَا كَذَا وَكَذَا، فَصَدَّقَهُ رَجُلٌ ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الْآيَةَ { إِنَّ الَّذِينَ يَشْتَرُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَأَيْمَانِهِمْ ثَمَنًا قَلِيلًا } (رواه البخاري)
Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Ada tiga jenis orang yang Allah Ta'ala tidak akan melihat mereka pada hari qiyamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka disediakan siksa yang pedih. (Yaitu) #1. Orang yang memiliki kelebihan air di jalan lalu dia tidak memberikannya kepada musafir, #2. Seseorang yang membai'at imam dan dia tidak membai'atnya kecuali karena kepentingan-kepentingan duniawi, kalau dia diberikan dunia dia ridho kepadanya dan bila tidak dia marah, #3. Dan seorang yang menjual dagangannya setelah 'Ashar lalu dia bersumpah; demi Allah Dzat yang tidak ada Ilah selain Dia sungguh aku telah memberikan (shadaqah) ini dan itu lalu sumpahnya itu dibenarkan oleh seseorang". Kemudian Beliau membaca ayat ini: artinya ("Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit…"). (HR. Bukhari, hadits no 2186)

Hikmah Hadits ;
Ada 3 perkara yang sangat dibenci oleh Allah Swt, hingga bahkan kelak di akhirat, Allah Swt tiada sudi memandang dan mensucikan mereka, serta meraka akan mendapatkan adzab yang sangat pedih, yaitu;
#1. Orang yang tidak mau berbagi kepada orang lain yang membutuhkan, khususnya (dalam konteks hadits di atas adalah) tidak mau berbagi air kepada musafir, padahal ia memiliki kelebihan air. Konteks hadits ini sebenarnya umum, mencakup tidak mau berbagi pada berbagai hal dalam kehidupan sosial. Karena diantara ciri orang yang beriman adalah rela berbagi pada orang lain yg membutuhkannya. Tidak mau berbagi berarti seperti tidak memiliki rasa iman kepada Allah Swt.
#2. Mendukung, mengusung atau membai'at seseorang sebagai pemimpin, dengan motivasi duniawi. Jika ia mendapatkan benefit duniawi seperti jabatan, proyek, uang dsb, maka ia akan mendukung dan membai'atnya. Namun jika ia tidak mendapatkan materi atau jabatan tertentu, maka ia meninggalkannya bahkan memusuhinya. Di zaman ini banyak terjadi, orang yg terkadang disebut sebagai ulama, ternyata justru mendukung dan mengusung non muslim sebagai calon pemimpin. Bahkan terkadang mereka membawa calon pemimpin tsb masuk ke dalam masjid yang suci, berbicara di mimbar dan menyuruh umat untuk cium tangan kepadanya. Semua dilakukan hanya karena dunia dan jabatan semata, na'udzubillah min dzalik.
#3. Orang yang bersumpah dengan nama Allah swt untuk mendapatkan keuntungan dunia. Seperti sumpah dalam bisnis, sumpah dalam kerjasama, sumpah dalam segala hal yang mendatangkan benefit duniawi. Maka mereka ini adalah sebagaimana yg digambarkan dalam Al-Qur'an ; "Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bahagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih. (QS. 3 : 77)."
Semoga kita semua terhindar dari adzab dan kemurkaan Allah Swt, serta senantiasa selalu berada dalam rahmat dan keridhaan-Nya... Amiin Ya Rabbal Alamiin.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag.

0 Comments:

Post a Comment