Rehad 047. Kenikmatan Diatas Kenikmatan

Rehad (Renungan Hadits) 047
Kenikmatan Diatas Kenikmatan

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ لِأَهْلِ الْجَنَّةِ يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ فَيَقُولُونَ لَبَّيْكَ رَبَّنَا وَسَعْدَيْكَ وَالْخَيْرُ فِي يَدَيْكَ فَيَقُولُ هَلْ رَضِيتُمْ فَيَقُولُونَ وَمَا لَنَا لَا نَرْضَى يَا رَبِّ وَقَدْ أَعْطَيْتَنَا مَا لَمْ تُعْطِ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ فَيَقُولُ أَلَا أُعْطِيكُمْ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ فَيَقُولُونَ يَا رَبِّ وَأَيُّ شَيْءٍ أَفْضَلُ مِنْ ذَلِكَ فَيَقُولُ أُحِلُّ عَلَيْكُمْ رِضْوَانِي فَلَا أَسْخَطُ عَلَيْكُمْ بَعْدَهُ أَبَدًا (رواه البخاري)
Dari Abu Sa'id Al Khudzri ra berkata, 'Nabi Saw bersabda: "Bahw Allah berfirman kepada penduduk surga, 'Wahai penduduk surga.' Mereka menjawab, 'Baik, kami penuhi panggilan-Mu, dan seluruh kebaikan berada di tangan-Mu Ya Allah. Allah meneruskan, 'Apakah kalian telah ridha (thd nikmat surga)? ' Mereka menjawab, 'Bagaimanakah kami tidak puas wahai Rabb, sedang telah Engkau beri kami sesuatu yang belum pernah Engkau berikan kepada satu pun dari makhluk-Mu.' Allah kembali berfirman, 'Maukah Aku beri kalian suatu yang lebih baik dari itu semua? ' Mereka bertanya, 'Ya Rabb, apalagi yang lebih utama daripada ini semua? ' Allah menjawab, 'Sekarang Aku halalkan untuk kalian keridhaan-Ku, sehingga Aku tidak marah terhadap kalian selama-lamanya.' (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits :
1. Kenikmatan surga merupakan kenikmatan yang akan Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang diridhai-Nya. Sebuah kenikmatan surga yang tidak pernah Allah berikan kepada siapapun di seluruh jagad raya, selain kepada orang2 yang bertakwa. Dalam riwayat lainnya disebutkan,Allah Swt berfirman, 'Aku sediakan bagi hamba-hamba-Ku yang shaleh, kenikmatan (surga) yang belum pernah terlihat oleh mata, tiada pernah di dengar oleh telinga, bahkan tiada pernah terlintas dalam benak khayal manusia (HR. Bukhari).
2. Demikan tak terkiranya kenikmatan surga, hingga kelak para penghuni surga ketika ditanya oleh Allah Swt, apakah mereka ridha thd surga yg telah Allah berikan kpd mereka? Mereka menjawab, 'Bagaimanakah kami tidak puas wahai Rabb, sedang Engkau telah memberi kami sesuatu yang belum pernah Engkau berikan kepada satu pun dari makhluk-Mu.' Sungguh merupakan gambaran kenikmatan yang sangat sangat besarnya.
3. Namun ternyata, dibalik kenikmatan materi yg tiada terkira di dalam surga, ada kenikmatan lain yang jauh melebihi besarnya kenikmatan materi, yaitu kenikmatan inmateri, sebagaimana digambarkan dalam hadits qudsy di atas, 'Maukah Aku beri kalian suatu yang lebih baik dari itu semua? ' Mereka bertanya, 'Ya Rabb, apalagi yang lebih utama daripada ini semua? ' Allah menjawab,'Sekarang Aku halalkan untuk kalian keridhaan-Ku, sehingga Aku tidak marah terhadap kalian selama-lamanya.' Itulah kenikmatan di atas segala kenikmatan, yaitu keridhaan paripurna dari Allah Swt, dan Allah tiada akan pernah marah dan murka thd mereka. Subhanallah... Mudah2an kita semua termasuk ke dalam golongan orang2 yang mendapatkan nikmat surga.... Amiiin Ya Rabbal Alamiin...

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment