Rehad 48. Diantara Dosa Yang Paling Dimurkai Allah Swt

Rehad (Renungan Hadits) 48
Diantara Dosa Yang Paling Dimurkai Allah Swt

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الذَّنْبِ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ قَالَ أَنْ تَجْعَلَ لِلَّهِ نِدًّا وَهُوَ خَلَقَكَ قُلْتُ إِنَّ ذَلِكَ لَعَظِيمٌ قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ قَالَ ثُمَّ أَنْ تَقْتُلَ وَلَدَكَ تَخَافُ أَنْ يَطْعَمَ مَعَكَ قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ قَالَ ثُمَّ أَنْ تُزَانِيَ بِحَلِيلَةِ جَارِكَ (رواه البخاري)
Dari Ibnu Mas'ud ra berkata, "Aku bertanya kepada Nabi Saw, 'Dosa apakah yang paling besar di sisi Allah?" Maka Nabi Saw menjawab, "Engkau menjadikan tandingan (syirik) untuk Allah, padahal Dia lah yang menciptakanmu." Aku lalu berkata, 'Jika demikian berarti itu memang perkara besar!" kemudian aku bertanya lagi, 'Lalu apa lagi? ' Nabi Saw menjawab: "Engkau membunuh anakmu karena kamu khawatir ia akan makan bersamamu." Kemudian saya bertanya, "Lantas apa lagi?" Nabi menjawab: "Engkau berzina dengan isteri tetanggamu." (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits ;
1. Syirik merupakan dosa terberat dan terbesar yang pelakunya tidak akan pernah mendapatkan ampunan dari Allah Swt. Dan diantara salah satu bentuk kemusyrikan adalah meyakini ada yang dapat memberikan keselamatan, rezeki, keberuntungan, kesembuhan, kebahagiaan, selain dari Allah Swt. Maka orang yang menyekutukan Allah Swt, kelak akan kekal di dalam kobaran siksa api neraka.
2. Termasuk dosa besar di sisi Allah Swt adalah membunuh anak, yang disebabkan karena khawatir jatuh miskin. Sebab, setiap manusia atau bahkan setiap makhluk bernyawa yang hidup di dunia ini, telah Allah tentukan dan Allah berikan rizkinya. Oleh karenanya, kita tidak perlu khawatir karenanya. Dan membunuh anak (baik ketika masih berada dalam kandungan/ janin atau ketika sdh lahir), adalah termasuk dosa besar yang menjadikan pelakunya akan mendapatkan kemurkaan Allah Swt.
3. Dosa besar lainnya yang juga sangat dimurkai Allah Swt adalah berzina dengan istri tetangganya sendiri. Berzina dengan orang lain yang bukan tetangga saja, sdh demikian besar dosanya, dimana secara hukum pelakunya dapat dirajam sampai meninggal dunia (jika sdh menikah), atau mendapatkan 100 kali cambukan (jika belum menikah). Namun ternyata berzina dgn istri tetangga jauh lebih keji, karena tentu menyebabkan kerusakan moral besar di masyarakat. Semoga Allah hindarkan kita semua dari ketiga dosa besar ini, serta semoga kita semua masuk dalam golongan orang2 yg bertakwa.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment