Rehad 055. Iman Dan Istiqamah

Rehad (Renungan Hadits) 55
Iman dan Istiqamah

عَنْ سُفْيَانَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الثَّقَفِيِّ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قُلْ لِي فِي الْإِسْلَامِ قَوْلًا لَا أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَدًا غَيْرَكَ؟ قَالَ قُلْ آمَنْتُ بِاللَّهِ فَاسْتَقِمْ (رواه مسلم)
Dari Sufyan bin Abdullah ats-Tsaqafi ra berkata, Aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, beritahukanlah padaku dalam Islam suatu perkataan yang mana aku tidak perlu menanyakannya kepada orang lain selain kepadamu?' Maka beliau menjawab: 'Katakanlah, 'aku beriman kepada Allah' lalu beristiqamahlah." (HR. Muslim, hadits no 55)

Hikmah Hadits :
1. Obsesi yang tinggi pada kehidupan akhirat, merupakan salah satu karaktristik para sahabat Nabi Saw. Sehingga ketika bertemu dengan Nabi Saw, selalu mereka pergunakan sebaik2nya untuk menanyakan perihal kebaikan kehidupan akhirat. Maka tidak heran, ketika Nabi Saw bersabda, bahwa 'sebaik2 masa adalah masaku, lalu masa orang2 sesudahku (sahabat), lalu masa orang2 sesudahku (tabi'in).'
2. Iman merupakan pondasi dasar kebahagiaan seseorang dalam menjalani kehidupan. Dengan iman, seseorang akan menjadi mulia dan bernilai di hadapan Allah Swt. Sebaliknya, tanpa Iman, seseorang tidak akan mempunyai nilai dan arti apapun baik ketika di dunia ini, terlebih di akhirat kelak. Oleh karenanya, Nabi Saw menekankan pada pondasi dasarnya, yaitu keimanan. Ulama mengemukakan bahwa Iman adalah keyakinan yang mengakar di dalam hati, diikrarkan dengan lisan dan diimplementasikan oleh seluruh anggota badan.
3. Selain iman, amalan mulia lainnya yg menjadi perhatian Nabi Saw untuk dilaksanakan adalah istiqamah. Istiqamah adalah berjalan lurus dan kontinou dalam ketaatan kepada Allah Swt. Karena ketika iman dengan segala konsekwensinya yang diiringi dengan keistiqamahan dalam implementasinya, maka akan menjadi sempurnalah agama seseorang, atau dengan kata lain, ia menjadi hamba paripurna yang akan mendapatkan kebahagiaan duniawi dan ukhrawi. Mudah2an kita semua termasuk ke dalam golongan hamba2-Nya yang memiliki keimanan yang kokoh dan keistiqamahan yang langgeng sepanjang hayat kita... Amiiin Ya Rabbal Alamiin...

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment