Rehad 065. 7 Perkara Yang Mencelakakan dan Membinasakan

Rehad (Renungan Hadits) 65
7 Perkara Yang Mencelakakan & Membinasakan

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَات،ِ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُن؟َّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّه،ِ وَالسِّحْر،ُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيم،ِ وَأَكْلُ الرِّبَا، وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ، وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Hendaklah kalian menghindari tujuh dosa yang dapat menyebabkan kebinasaan." Dikatakan kepada beliau, "Apakah ketujuh dosa itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah untuk dibunuh kecuali dengan haq, memakan harta anak yatim, memakan riba, lari dari medan pertempuran, dan menuduh wanita mukminah baik-baik berbuat zina." (HR. Muslim, hadits no 129)

Hikmah Hadits ;
1. Ada 7 perkara yang harus dihindari oleh setiap orang yang beriman, yang apabila tidak dihindari maka akan dapat mencelakakan dan membinasakan dirinya, yaitu menyebabkannya mendapat siksa di dalam kobaran api neraka. Ketujuh perkara yang merupakan dosa besar tersebut adalah;
#1. Syirik, menyekutukan Allah Swt dengan menyembah sesuatu selain Allah Swt, atau menganggap ada yg dapat memberikan keselamatan atau kebaikan selain Allah Swt. Seperti meyakini benda2 yg dianggap keramat, meyakini hari, tanggal, nomer atau tempat2 tertentu yang dianggap membawa sial, dsb.
#2. Sihir, guna2, tenung dan yang sejenisnya. Perbuatan tersebut masih termasuk dalam kategori syirik kepada Allah Swt, karena umumnya dilakukan dengan menggunakan perantaraan dukun, yang mendatanginya saja dapat menyebabkan tidak diterimanya shalat selama 40 hari.
#3. Menghilangkan atau membunuh nyawa orang lain tanpa haq. Baik karena motivasi dendam, merampas harta, solidaritas pertemanan, dsb. Dalam Islam, hukuman bagi pembunuh adalah qishas, yaitu dihukum mati. Gambaran betapa besarnya dosa membunuh.
#4. Mengambil harta atau memakan harta milik anak yatim. Baik harta anak yatim peninggalan dari orang tuanya, maupun hasil pemberian orang lain. Masuk dalam kategori ini, "menjual" nama anak yatim untuk mendapatkan keuntungan pribadi.
#5. Memakan riba, seperti mengambil bunga dari penyimpanan uang atau tabungan, depisito, di bank konvensional, hasil klaim dari asuransi konvensional, hasil investasi dari saham, reksadana yang non syariah, dsb.
#6. Meninggalkan medan pertempuran tanpa alasan syar'i yang jelas. Bahasa lainnya adalah lari dari medan pertempuran, baik pertempuran dalam makna peperangan fisik, maupun dalam makna yang lain, seperti meninggalkan medan dakwah, atau meninggalkan perjuangan Islam lainnya.
#7. Menuduh wanita muslimah yang shalihah berbuat zina. Karena dengan menuduhnya betarti ia telah mencederai kehormatannya dan menfitnahnya dengan keji. Dan dalam Islam, menuduh zina harus disertai dengan 4 orang saksi yg benar2 melihat langsung perbuatan zina tersebut. Jika tdk bisa mendatangkan saksi, maka si penuduh tidak akan pernah diterima persaksiannya seumur hidupnya.
2. Maka hendaknya setiap muslim menjaga dan memelihara dirinya dari ketujuh perbuatan dosa besar di atas, agar tidak terjerumus ke dalam lembah kehinaan, khususnya di hari kiamat kelak.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment