Rehad 046. Ketika Allah Mencintai Hamba-Nya

Rehad (Renungan Hadits) 046
Ketika Allah Mencintai Hamba-Nya

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِذَا أَحَبَّ عَبْدًا نَادَى جِبْرِيلَ إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَبَّ فُلَانًا فَأَحِبَّهُ فَيُحِبُّهُ جِبْرِيلُ ثُمَّ يُنَادِي جِبْرِيلُ فِي السَّمَاءِ إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَبَّ فُلَانًا فَأَحِبُّوهُ فَيُحِبُّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ وَيُوضَعُ لَهُ الْقَبُولُ فِي أَهْلِ الْأَرْضِ (رواه البخاري)
Dari Abu Hurairah ra berkata, "Bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Sesungguhnya Allah Swt jika mencintai seseorang, maka Allah akan memanggil Jibril, '(Wahai Jibril) Sesungguhnya Allah mencintai fulan maka cintailah dia, sehingga Jibril pun mencintainya. Kemudian Jibril memanggil seluruh penghuni langit seraya berseru, 'Sesungguhnya Allah mencintai si fulan maka cintailah dia, maka penghuni langit pun mencintainya, sehingga orang tersebut diterima oleh penduduk bumi." (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits ;
1. Cinta adalah fitrah dan anugrah Allah Swt yang Allah berikan kepada setiap manusia. Maka setiap orang membutuhkan untuk saling mencintai dan juga untuk dicintai. Dan cinta yang hakiki dan yang paling mulia adalah mencintai dan dicintai oleh Yang Maha Memberikan Cinta, yaitu Allah Swt.
2. Bahwa orang yang dicintai Allah Swt adalah orang yang paling berbahagia, karena ia akan dimuliakan Allah Swt. Allah akan memberitahukan cinta-Nya pada hamba-Nya tersebut kepada malaikat Jibril. Bahkan Allah memanggil khusus malaikat Jibril, dan memberitahukan kepada malaikat Jibril, bahwa Allah mencintainya. Lalu Allah memerintahkan malaikat Jibril untuk juga mencintai hamba-Nya tersebut, maka Malaikat Jibril pun mencintainya, sebagaimana Allah juga mencintainya.
3. Tidak terhenti sampai di situ saja kemuliaan yang akan diterimanya, bahkan Malaikat Jibril pun kemudian berseru kepada seluruh penduduk langit, bahwa Allah mencintainya, maka cintailah hamba tersebut sebagaimana Allah mencintainya. Sehingga ia pun mendapatkan sepenuh cinta dari seluruh penghuni langit, dan akhirnya juga ia dicintai dan diterima oleh seluruh penduduk bumi. Subhanallah.... Semoga kita semua termsuk ke dalam golongan orang2 yang mendapatkan cinta Allah Swt... Amiiin.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment