Rehad 054. Ketika Iman Menghasilkan Buahnya

Rehad (Renungan Hadits) 54
Ketika Iman Menghasilkan Buahnya

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ شُعْبَةً وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنْ الْإِيمَانِ (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw bersabda: "Iman itu ada tujuh puluh sekian cabang, dan rasa malu adalah termasuk (salah satu cabang) keimanan." (HR. Muslim, hadits no 50)

Hikmah Hadits :
1. Iman ibarat sebatang pohon yang memiliki akar kokoh yang mencengkram jauh ke dalam bumi, ibarat pohon dengan dahan kuat yang indah nan rimbun dan menjulang tinggi ke angkasa, dan ibarat pohon yang senantiasa menghasilkan buah yang memberikan manfaat kebaikan pada manusia. Itulah buah keimanan, yang dalam bahasa lainnya disebutkan dengan istilah cabang-cabang keimanan. Dan Nabi Saw bersabda kepada kita, bahwa cabang2 keimanan sangatlah banyak, mencapai tujuh puluh sekian cabang.
2. Rasa malu, adalah salah satu cabang dari iman. Rasa malu yang berpangkal dari iman, adalah malu dalam berbuat, berbicara, bertindak, bersikap yang menyalahi nilai2 dan dasar2 keimanan. Maka orang yang beriman, selalu bertutur kata yang baik dan santun, bukan kasar dan keras. Ia malu jika bertutur kata kotor, keras dan kasar. Orang yang beriman selalu bertindak tanduk yang baik dan santun, ia akan malu jika bersikap congkak dan sombong. Orang yang beriman akan selalu berakhlak yang baik, ia malu jika berakhlak dan berperangai buruk. Dasar dari rasa malunya adalah karena iman.
3. Cabang dan buah keimanan lainnya sangatlah banyak, yang pada intinya segala hal yang baik, bermanfaat bagi orang lain serta diridhai Allah Swt adalah buah dari keimanan. Ada ungkapan menarik dari seorang ulama, tentang buah keimanan yg dikaitkan dengan buah pepohonan,  "Jadilah kalian seperti sebatang pohon ketika berinteraksi dengan orang lain. Ketika orang melempari pohon dengan bebatuan, namun pohon membalasnya dengan menjatuhkan buah2an."

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment