Rehad 044. Dan Ada Malaikat Yang Senantiasa Mengiringi Kita

Rehad (Renungan Hadits) 044
Dan Ada Malaikat Yang Senantiasa Mengiringi Kita

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلَائِكَةٌ بِالنَّهَار،ِ وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ وَصَلَاةِ الْفَجْرِ، ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِكُمْ فَيَقُولُ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي؟ فَيَقُولُونَ تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّون (رواه البخاري)
Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Di tengah-tengah kalian ada malaikat yang silih berganti bertugas mengiringi kalian diwaktu malam dan siang hari, mereka bertemu ketika waktu shalat 'ashr dan waktu shalat subuh. Malaikat yang mengawasi kalian di malam hari naik ke langit, lantas Allah bertanya mereka, 'bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? Para malaikat menjawab, 'Kami tinggalkan mereka sedang mereka tengah mendirikan shalat, dan kami datangi mereka sedang mereka mendirikan shalat'." (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits :
1. Bahwa setiap insan senantiasa diiringi dan diawasi oleh Malaikat yang selalu mencatat segala amal perbuatannya. Malaikat tersebut saling bergantian menjaga insan, untuk kemudian mereka melaporkan segala amal perbuatan manusia kepada Allah Swt.
2. Jika manusia senantiasa melakukan amal shaleh, khususnya pada waktu ashar dan subuh, malaikat akan 'melaporkan' kepada Allah Swt ketika Allah bertanya kepada mereka, 'bagaimana kalian meninggalkan (keadaan) hamba-Ku?' Mereka menjawab, Aku datangi mereka di waktu ashar, ia sedang shalat, dan aku tinggalkan ia di waktu subuh, juga sedang shalat.' Hadits ini sekaligus menggambarkan keutamaan shalat subuh dan ashar tepat waktu berjamaah di masjid.
3. Kebalikannya, apabila di waktu tsb manusia sedang terlena dan terlelap dalam tidurnya, dan atau sedang asyik dengan dunia dan pekerjaannya, maka tentu malaikat akan menjawab ketika Allah bertanya, bagaimana keadaan hamba-Ku? Mereka menjawab, 'Aku datangi ia di waktu ashar dalam keadaan sedang asyik terlena dengan dunianya, dan aku tinggalkan ia di waktu subuh, dalam keadaan terlelap tidur.' Na'udzubillahi min dzalik...

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment