Rehad 090. Memperbanyak Sujud Kepada Allah Swt

Rehad (Renungan Hadits) 90
Memperbanyak Sujud Kepada Allah Swt

عن ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ أَخْبِرْنِي بِعَمَلٍ أَعْمَلُهُ يُدْخِلُنِي اللَّهُ بِهِ الْجَنَّة؟َ... فَقَالَ عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّه،ِ فَإِنَّكَ لَا تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلَّا رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَة،ً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً (رواه مسلم)
Dari Tsauban ra berkata, aku bertanya kepada Rasulullah Saw, 'Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepadaku suatu amalan yang jika aku kerjakan niscaya Allah akan memasukkanku ke dalam surga?... Maka Rasulullah Saw bersabda, 'Perbanyaklah bersujud kepada Allah Swt. Karena tidaklah kamu bersujud kepada Allah dengan satu kali sujud, melainkan Allah akan meninggikan mu satu derajat dengan sujud tersebut, dan Allah akan menghapuskan satu dosa darimu dengannya'." (HR. Muslim, hadits no. 753)

Hikmah Hadits ;
1. Obsesi para sahabat yang demikian besarnya dalam rangka mengejar kebahagiaan di kehidupan akhirat. Hal ini terlihat dari pertanyaan yang mereka tujukan kepada Rasulullah Saw, dimana mereka sangat berkeinginan kuat untuk bisa masuk ke dalam surga. Sehingga yang mereka tanyakan adalah amalan-amalan apa yang dapat mengantarkan mereka untuk bisa masuk ke dalam surga.
2. Nabi Saw juga demikian bijaknya terhadap para sahabat, dimana ketika ditanyakan amalan yang dapat mengantarkan ke surga, beliau juga memberikan jawaban yang sederhana dan mudah untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Maka Nabi Saw mengatakan bahwa amalan yang dapat memasukkan seseorang ke dalam surga adalah "memperbanyak sujud kepada Allah Swt". Adapun maksud dari memperbanyak sujud kepada Allah adalah dengan senantiasa menjaga dan mengerjakan shalat fardhu yang 5 waktu, dan mengerjakan shalat-shalat yang sunnah, baik yang sunnah mu'akkadah maupun yang ghairu mu'akkadah.
3. Karena insya Allah dengan memperbanyak sujud dalam shalat, maka Allah Swt akan memberikan dua benefit sekaligus, yaitu Allah akan mengangkat satu derajatnya sekaligus akan menghapuskan satu kesalahan dari setiap satu sujud yang dilakukannya. Lagi pula sujud merupakan implementasi dari makna "penghambaan" kita kepada Allah Swt, serta sebagai bentuk meluapkan membuncahnya rasa kebergantungan kita sebagai hamba, hanya kepada-Nya. Maka mari kita jaga shalat dan amal ibadah kita, dan mudah2an kita semua termasuk ke dalam golongan orang2 yang senantiasa bersujud kepadaNya dalan segala amaliyah dan aktivitas kita.... Amiin Ya Rabbal Alamiin.

Wallahu A'lam bis Shawab
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag.

0 Comments:

Post a Comment