Rehad 091. Keistimewaan Risalah Kenabian Muhammad Saw

Rehad (Renungan Hadits) 91
Keistimewaan Risalah Kenabian Muhammad Saw

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فُضِّلْتُ عَلَى الْأَنْبِيَاءِ بِسِتٍّ أُعْطِيتُ جَوَامِعَ الْكَلِمِ وَنُصِرْتُ بِالرُّعْبِ وَأُحِلَّتْ لِيَ الْغَنَائِمُ وَجُعِلَتْ لِيَ الْأَرْضُ طَهُورًا وَمَسْجِدًا وَأُرْسِلْتُ إِلَى الْخَلْقِ كَافَّةً وَخُتِمَ بِيَ النَّبِيُّونَ (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Aku diberi keutamaan dibandingkan denga  para nabi lainnya dengan enam perkara: pertama, aku diberi Jawami' al-Kalim. Kedua, aku ditolong dengan rasa takut (yang dihunjamkan di dada-dada musuhku). Ketiga, ghanimah dihalalkan untukku. Keempat, bumi dijadikan suci untukku dan juga sebagai masjid. Kelima, aku diutus kepada seluruh makhluk. Keenam, para nabi ditutup dengan kerasulanku." (HR. Muslim, hadits no. 812)

Hikmah Hadits ;
1. Keistimewaan kenabian Rasulullah Muhammad Saw dibandingkan dengan para Nabi dan Rasul shalawatullahi alaihim ajma'in lainnya. Hal ini sebagaimana disebutkan Nabi Saw dalam hadits di atas, bahwa beliau diberi enam keistimewaan dibandingkan Nabi dan Rasul lainnya, yaitu :
#1. Nabi Saw diberikan "jawami'ul kalam", yaitu kalimat yang singkat, ringkas dan sederhana namun sarat akan nilai dan makna. Maka kita melihat banyak sekali redaksi hadits-hadits Nabi Saw yang singkat dan ringkas, namun maknanya luas dan mendalam.
#2. Nabi Saw dianugerahi "rasa takut para musuh-musuhnya", khususnya ketika para musuh-musuh Allah Swt tersebut akan berperang melawan Nabi Saw dan para sahabat serta umat Islam. Mereka sudah akan dihantui rasa takut, jauh sebelum berperang melawan Nabi Saw, para sahabat dan umatnya.
#3. Dihalalkannya ghanimah bagi Nabi Saw dan umatnya. Ghanimah adalah harta yang ditinggalkan oleh pasukan kafir yang berperang melawan pasukan Islam di tengah2 medan pertempuran. Maka ghanimah tersebut dihalalkan bagi Nabi dan umatnya yang sebelumnya tidak dihalalkan bagi Nabi-Nabi terdahulu.
#4. Dijadikannya bumi suci sebagai masjid, di belahan bumi manapun. Artinya adalah bahwa Nabi Saw diberi keistimewaan oleh Allah Swt berupa semua tempat dan tanah diseluruh belahan dunia adalah suci bisa digunakan sebagai masjid. Dan hal ini tidak terjadi di masa para Nabi sebelim beliau.
#5. Nabi Saw diutus untuk seluruh umat manusia, mencakup seluruh suku dan bangsa, di seluruh penjuru dunia. Berbeda dengan para Nabi dan Rasul sebelum beliau, yang hanya diutus khusus untuk umatnya saja, bukan untuk seluruh umat manusia.
#6. Bahwa Nabi Saw merupakan penutup para Nabi dan Rasul, atau dengan kata lain bahwa Nabi Muhammad Saw adalah Nabi dan Rasul terakhir, yang tidak ada seorang Nabi dan Rasul pun sesudah beliau, hingga hari Kiamat kelak.
2. Itulah diantara keistimewaan Rasulullah Muhammad SAW yang tidak Allah berikan kepada Nabi dan Rasul sebelum beliau. Maka kita sebagai umat beliau, patutlah bersyukur kepada Allah Swt serta senantiasa mengucapkan shalawat kepada beliau, shallallahu alaihi wasalam.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment