Rehad 014. Dan Masuk Kamar Mandi Pun Berpahala

Rehad (Renungan Hadits)

Dan Masuk Kamar Mandi pun Berpahala
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ (رواه  البخاري)
Dari Anas bin Malik radliallahu 'anhu berkata; "Bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila beliau hendak masuk ke kamar mandi, beliau berdoa: 'ALLAHUMMA INNI A'UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHABAAITSI (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki maupun perempuan)" (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits :
1. Luasnya cakupan makna ibadah dalan Islam, mencakup seluruh aspek dan dimensi kehidupan manusia. Bahkan dalam masuk ke kamar mandi pun, bisa menjadi bernilai pahala, jika dilakukan sesuai dengan tununan ajaran Islam.
2. Sunnah dalan memasuki kamar mandi adalah,
a. Memasuki kamar mandi dengan kaki kiri,
b. Membaca doa, yaitu sebagaiamana hadits di atas, "Allahumma inni a'udzubika minal khubusi wal khaba'isi".
c. Tidak berlama-lama di dalam kamar mandi
d. Tidak membawa mushaf, catatan, atau seauatu yg terdapat lafadz Allah.
e. Keluar kamar mandi dengan kaki kanan
f. Membaca doa keluar kamar mandi.
3. Tersirat dari hadits di atas, bahwa khala' atau tempat buang hajat, spt kamar mandi dsb adalah termasuk tempat2 yg disenangi jin dan syaitan, baik yg laki2 maupun yg perempuan. Oleh karenanya kita dianjurkan berdoa sebelum masuk kamar mandi, karena diantara hikmahnya adalah agar ketika kita di kamar mandi, aurat kita terhijab dari pandagan syaitan laki2 maupun syaitan perempuan.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc M.Ag

0 Comments:

Post a Comment