Rehad 030. Orang Lemah dan Orang Sombong

Rehad (Renungan Hadits)
Orang Lemah dan Orang Sombong

عن حَارِثَةَ بْن وَهْبٍ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى أَهْلِ الْجَنَّةِ؟ كُلُّ ضَعِيفٍ مُتَضَعَّفٍ لَوْ أَقْسَمَ عَلَى اللَّهِ لَأَبَرَّه،ُ وَأَهْلِ النَّارِ كُلُّ جَوَّاظٍ عُتُلٍّ مُسْتَكْبِرٍ (رواه البخاري)
Dari Haritsah bin Wahb ra, Aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Maukah kalian aku tunjukkan (calon) penghuni surga? (Yaitu) Setiap orang lemah dan tertindas. Namun sekiranya ia bersumpah atas nama Allah, niscaya Allah akan mengabulkannya. Sedangkan (calon) penghuni neraka adalah setiap orang yang berhati keras, menentang kebenaran dan sombong." (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits :
1. Kehidupan dunia selalu diwarnai dengan dua kutub warnanya yang berbeda, ada timur dan barat, gelap dan terang, siang dan malam, iman dan kafir, serta juga ada calon penghuni surga dan calon penghuni neraka.
2. Calon penghuni surga diidentikkan dengan orang2 lemah yang tiada berdaya, selalu tertindas, miskin, bahkan mungkin tidak pandai bicara dan tidak punya pangkat jabatan serta kekuasaan. Karena umumnya orang2 seperti ini, mereka tidak berbuat dzalim, tidak memaksakan kehendak dan selalu berusaha menjaga agamanya. Namun digambarkan bahwa mereka sangat dekat dengan Allah Swt, yang sekiranya mereka bersumpah atas nama Allah Swt, pastilah Allah mendengar dan mengabulkannya.
3. Sementara calon penghuni neraka,  mereka adalah orang2 yang berhati keras, selalu menentang kebenaran dan juga memiliki sifat sombong. Dan umumnya, bisa jadi mereka ini adalah orang2 yang memiliki pangkat dan jabatan, punya kekuasaan, punya banyak massa, uang, dunia, dsb. Dan karena "dunia" yang ada di tangannya, terkadang memberikan mempengaruhi dan mewarnai hatinya, sehingga ia menjadi berhati keras oleh karenanya, menentang kebenaran dan juga memiliki sifay sombong.
Na'udzubillahi min dzalik..

Wallahu A'lam bis shawab
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment