Rehad 043. Kasih Sayang Allah Swt Bagi Yang Menyangi Manusia

Rehad (Renungan Hadits) 043
Kasih Kayang Allah Bagi Yang Menyayangi Sesama Manusia

عَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَرْحَمُ اللَّهُ مَنْ لَا يَرْحَمُ النَّاسَ (رواه اليخاري)
Dari Jarir bin Abdullah ra berkata, "Bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Allah tidak akan menyayangi seseorang yang tidak menyayangi sesama manusia." (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits :
1. Anjuran menebar rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama manusia. Karena mengasihi sesama manusia adalah salah satu tanda keimanan seseorang dan orang yang menyayangi sesama manusia, maka kelak ia akan mendapatkan cinta dan kasih sayang dari Allah Swt.
2. Diantara bentuk dan wujud rasa kasih sayang sesama manusia adalah dengan cara mencintai dan mengasihi keluarga, ramah, memberikan senyuman, saling tegur sapa, mengucapkan salam, saling menanyakan kabar, saling bantu dan tolong menolong antara sesama muslim, care terhadap musibah dan penderitaan orang lain dsb. Nabi Saw bahkan digambarkan, dalam riwayat dari Abu Hurairah ra berkata; "bahwa Rasulullah Saw pernah mencium Hasan bin Ali sedangkan disamping beliau ada Aqra' bin Habis At Tamimi yg sedang duduk, lalu Aqra' berkata; "Sesungguhnya aku memiliki sepuluh orang anak, namun aku tidak pernah mencium mereka sekali pun, maka Rasulullah Saw memandangnya dan bersabda: "Barangsiapa yang tidak mengasihi maka ia tidak akan dikasihi." (HR. Bukhari)
3. Saling menyayangi akan mendapatkan keutamaan yang banyak, selain akan mendapatkan cinta dan kasih sayang dari Allah Swt, ternyata juga akan mendapatkan cinta dan kasih sayang dari para penghuni langit, yaitu para Malaikat yang mulia. Nabi Saw bersabda, '...berkasih sayanglah kepada siapapun yang ada dibumi, niscaya akan mengasihi kalian Yang ada di langit."(HR. Tirmidzi)

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment