Rehad (Renungan Hadits)
Ketika Kalimat La Ilaha Illallah Diucapkan Secara Tulus dan Ikhlas

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِكَ يَوْمَ الْقِيَامَة؟ِ فَقَالَ لَقَدْ ظَنَنْتُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ أَنْ لَا يَسْأَلَنِي عَنْ هَذَا الْحَدِيثِ أَحَدٌ أَوَّلُ مِنْكَ لِمَا رَأَيْتُ مِنْ حِرْصِكَ عَلَى الْحَدِيث،ِ أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَالِصًا مِنْ قِبَلِ نَفْسِهِ (رواه البخاري)
Dari Abu Hurairah ra, 'Aku bertanya kepada Rasulullah Saw; 'Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling beruntung dengan syafaatmu pada hari kiamat kelak? ' Nabi Saw menjawab: "Wahai Abu Hurairah, sungguh aku sudah menduga bahwa tak ada seorangpun yang lebih dahulu menanyakan hal ini kepadaku dibandingkan engkau, karena semangatmu dalam mencari hadits. Adapun manusia yang paling beruntung dengan syafaatku pada hari kiamat adalah orang yang mengucapkan laa-ilaaha-illa-llaah, dengan tulus dari lubuk hatinya." (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits :
1. Keutamaan sahabat Nabi Saw yaitu Abu Hurairah ra, dalam semangatnya mencari ilmu hadits, khususnya yang terkait dengan kebaikan kehidupan akhirat kelak. Oleh karena itulah, Nabi Saw memuji beliau, atas semangat dan antusias Abu Hurairah ra.
2. Hadits ini juga menggambarkan tentang kebenaran syafaat Rasulullah Saw untuk umatnya di Yaumil Akhir kelak. Beberapa riwayat lainnya juga menyebutkan hal yang sama, diantaranya adalah riwayat berikut; dari Imran bin Husain ra, bahwa Nabi Saw, bersabda: "Ada sekelompok kaum yang keluar dari neraka karena syafaat Muhammad Shallallahu'alaihiwasallam, lantas mereka masuk surga dan mereka diberi julukan 'jahannamiyun (mantan penghuni neraka jahannam)." (HR. Bukhari).
3. Orang yang paling berbahagia atas syafaat Nabi Saw di hari Kiamat kelak adalah orang yang tulus dan ikhlas mengucapkan kalimat La Ilaha Illallah dari dalam lubuk hatinya yang paling dalam, dan tidak mengharapkan apapun kecuali hanya keridhaan Allah Swt semata. Dan mudah2an kita semua termasuk ke dalam golongan umat beliau yang tulus dan ikhlas mengucapkan La Ilaha Illallah...

Wallahu A'lam Bis Shawab
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment