Rehad 021. Ketika Dunia dan Angan Angan Memperdaya

Rehad (Renungan Hadits)
Ketika Dunia & Angan2 Memperdaya

عن أبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَزَالُ قَلْبُ الْكَبِيرِ شَابًّا فِي اثْنَتَيْنِ فِي حُبِّ الدُّنْيَا وَطُولِ الْأَمَلِ (رواه البخاري)
Dari Abu Hurairah ra berkata, 'bahwa aku mendengar Rasulullah Saw bersabda, "Hati orang yang sudah tua, akan masih tetap merasa muda, dalam dua perkara; yaitu dalam mencintai dunia dan dalam banyaknya memiliki angan-angan." (HR. Bukhari)

Hikmah Hadits :
1. Bahwa umumnya siklus perjalanan hidup manusia, (jika Allah takdirkan panjang usianya), maka ia akan mengalami masa tua. Masa yang sejatinya dimanfaatkan guna memperbanyak bekal menuju tangga kehidupan berikutnya, yaitu kehidupan negri akhirat.
2. Namun tiada jarang orang yang sudah diberi usia yang panjang, hingga telah tiba masa hari tuanya, justru ia terpenjara oleh fatamorgana yang tiada pernah sirna; yaitu banyak angan-angan dan ambisi terhadap harta dunia. Dua hal ini apabila terpatri dalam diri seseorang, maka selamanya ia tidak pernah akan "sadar", betapa dirinya telah berada diambang batas usia, bahkan ia kan tiada pernah henti mengejarnya, seolah ia merasa masih seperti muda.
3. Padahal dunia, ia diibaratkan oleh Nabi kita, Rasulullah Saw hanya ibarat orang yang memasukkan salah satu jarinya ke dalam air seluas samudra, lantas ia mengangkat jarinya kembali. Maka air yang menempel di jarinya itulah ibarat dunia dan segala isinya. Sementara seluruh air di bentangan samudra yang menghampar sepanjang mata, dialah ibarat kehidupan yang sesungguhnya di akhirat sana..
Ya Allah, jadikanlah tiap detik usia yang kami lalui di dunia ini sebagai penambah bekal menuju kehidupan akhirat kami nanti....

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc M.Ag

0 Comments:

Post a Comment