Rehad 015. Anjuran Memintakan Doa Orang Shaleh Kepada Allah

Rehad (Renungan Hadits)
Anjuran Memintakan Doa Orang Shaleh Kepada Allah Swt

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَتْ أُمِّي يَا رَسُولَ اللَّهِ خَادِمُكَ أَنَسٌ ادْعُ اللَّهَ لَهُ قَالَ اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ (رواه البخاري)
Dari Anas bin Malik radliallahu 'anhu, bahwa ibuku pernah berkata kepada Rasulullah Saw, 'Wahai Rasulullah, anakku ini Anas adalah pelayanmu, do'akanlah ia". Maka beliau berdoa: "Ya Allah, limpahkanlah hartanya, perbanyaklah anak-anaknya dan berkahilah atas apa yang Engkau berikan kepadanya." (HR. Muslim)

Hikmah Hadits :
1. Kasih sayang Nabi Saw kepada para sahabat dan seluruh umatnya, serta kedeķatan beliau terhadap mereka. Sehingga mereka tiada enggan meminta sesuatu kepada beliau, termasuk memintakan doa.
2. Bolehnya memintakan doa melalui orang2 shaleh kepada Allah, agar diberikan keberkahan, keturunan, harta, usaha, dimudahkan dari kesulitan, dsb. Karena bisa jadi, melalui kedekatan dan ketakwaan mereka kepada Allah Swt, Allah akan mengabulkan doa dan permohonannya.
3. Kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, yang selalu menginginkan kebaikan dan keberkahan untuk anak-anaknya. Dan umumnya doa seorang ibu kepada anaknya tiada pernah berhenti di setiap waktu.
4. Anjuran bagi orang2 shaleh untuk mendoakan orang2 yang meminta didoakan. Karena setiap doa, adalah doa juga bagi dirinya dan tentunya akan menjadi amal shaleh baginya. Ya Allah, berkahilah umat ini, berkahilah dakwah ini, berkahilah yang membaca tulisan ini dan berkahilah yang menyebarkan tulisan ini...Amiiin Ya Rabbal Alamin.

Wallahu A'lam bis shawab
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment