Rehad (Renungan Hadits) 208
Dan Kemuliaan Seseorang Terlihat Dari Kebiasaan-Kebiasaan Baik Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ صَائِمًا؟ قَالَ أَبُو بَكْرٍ أَنَا، قَالَ فَمَنْ تَبِعَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ جَنَازَة؟ً قَالَ أَبُو بَكْرٍ أَنَا، قَالَ فَمَنْ أَطْعَمَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ مِسْكِينًا؟ قَالَ أَبُو بَكْرٍ أَنَا، قَالَ فَمَنْ عَادَ مِنْكُمْ الْيَوْمَ مَرِيضًا؟ قَالَ أَبُو بَكْرٍ أَنَ،ا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا اجْتَمَعْنَ فِي امْرِئٍ إِلَّا دَخَلَ الْجَنَّةَ (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah saw bersabda, "Siapakah diantara kalian yang berpuasa hari ini? Abu Bakr menjawab, 'Saya wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah Saw bertanya lagi, siiapa dari kalian yang telah mengantar jenazah pada hari ini? Abu Bakr menjawab, 'Saya.' Rasulullah bertanya lagi, 'siapa dari kalian yang telah memberi makan orang miskin pada hari ini? ' Abu Bakr menjawab; 'Saya.' Rasulullah bertanya lagi: 'Siapa dari kalian yang telah menjenguk orang yang sakit pada hari ini? Abu Bakr menjawab lagi; 'Saya.' Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Tidaklah semua amalan tadi dilaksanakan oleh seseorang kecuali niscaya dia akan masuk surga. (HR. Muslim, hadits no 4400)

Hikmah Hadits :
1. Keutamaan sahabat Nabi Saw yaitu Abu Bakar As-Shiddiq. Beliau adalah orang pertama yang masuk Islam setelah Khadijah binti Khuwailid ra istri Nabi Saw. Beliau juga merupakan orang yg tiada ragu ketika Nabi Saw menawarkan Islam kepadanya. Beliau jualah sahabat yang senantiasa menemani Nabi Saw dalam segala hal dan keadaan, suka maupun duka, bahkan dalam hijrah dari Mekah ke Madinah yang penuh dengan rintangan nan sarat dengan bahaya yang mengancam jiwa dan nyawanya. Dan beliau jualah sahabat yg memiliki banyak amal shaleh, termasuk seperti yg digambarkan dalam hadits di atas ;
#1. Gemar berpuasa sunnah
#2. Ringan langkah mengantarkan jenazah
#3. Suka berbagi kepada fakir miskin
#4. Tidak sungkan membesuk orang sakit
2. Bahwa keempat kebiasaan di atas yaitu gemar berpuasa sunnah, ringan langkah mengantarkan jenazah, suka berbagi kepada fakir miskin dan tidak sungkan membesuk orang sakit, apabila menjadi kebiasaan sehari2 maka ia kelak akan menjadi penghuni surga. Hal ini menunjukkan bahwa diantara keutamaan dan kemuliaan seaeorang adalah terlihat dari kebiasaan2 baik yang dilakukannya sehari2. Maka hendaknya kita berusaha untuk membiasakan diri melakukan kebaikan2 dalam kehidupan kita sehari-hari.
3. Ada keutamaan lain yg terdapat pada diri Abu Bakar yang kemudian menjadikan beliau mendapatkan gelar As-Shiddiq, yaitu beliau merupakan orang pertama dalan Islam yang mempercayai dan meyakini "kebenaran" peristiwa Isra' dan Mi'raj, di saat hampir semua manusia pada waktu tersebut tidak mempercayai bahkan mendustakan Nabi Saw. Maka sejak saat itulah beliau mendapatkan gelar As-Shiddiq yg maknanya bahwa beliau merupakan orang yg membenarkan seauatu yg terjadi pada Nabi Saw di saat orang lain mengingkarinya.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment