Rehad (Renungan Hadits) 224
Tiga Mutiara Penambah Kemuliaan & Pengangkat Derajat Seseorang

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ (رواه مسلم)
Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Tidak akan pernah berkurang suatu harta karena shadaqah. Dan tidaklah sesoorang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan pasti Allah akan mengangkat derajatnya." (HR. Muslim, hadits no 4689)

Hikmah Hadits ;
1. Sungguh indah untaian kalimat dari Hadits Nabi Saw di atas, ketika beliau menggambarkan kemuliaan yang akan diraih seseorang, manakala orang tersebut mau membumikan tiga nilai yang sangat mulia ke dalam dirinya. Ketiga nilai tersebut adalah sbb ;
#1. Ikhlas bershasaqah. Karena walaupun secara kasat mata, shadaqah dapat mengurangi harta, namun secara hakikat shadaqah sama sekali tidak akan pernah mengurangi harta. Bahkan dengan ikhlas bershadaqah, insya Allah hartanya akan menjadi berkah dan bertambah serta rizkinya akan penuh kemuliaan, dengan syarat dilakukan dengan ikhlas, tidak berharap seauatu selain hanya keridhaan Allah Swt.
#2. Ridha memaafkan. Karena memaafkan adalah amalan hati, yang walaupun secara kasat mata memberi maaf itu terkesan merendahkan diri kita dihadapan orang lain. Karena seolah dengan memaafkan, berarti ia tak berdaya, terlebih memaafkan kedzaliman orang lain atas dirinya. Namun justru secaa hakiki, apabila seseorang memaafkan orang lain, justru Allah Swt akan menambah kemuliaannya. Dan insya Allah ia tidak akan pernah menjadi "hina". Namun tentu saja, dengan syarat hatinya ikhlas dalam memaafkan.
#3. Rendah hati karena Allah Swt. Karena rendah hati adalah tanda "dalamnya" keimanan, "matangnya" kepribadian, dan luhurnya akhlak seseorang. Walau terkadang, rendah hati atau tawadhu' terkesan tidak berdaya atau lemah teraniaya bahkan hina dihadapan manusia. Namun justru seseorang yang rendah hati karena Allah Swt,  akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt.
2. Bahwa secara hakikat Ilahiyah, sifat "memberi" ternyata tidak akan pernah "mengurangi" sesuatu yang dimiliki seseorang. Justru dengan memberi, akan semakin menambah rizki dan meninggikan kemuliaan serta derajat seseorang. Maka, jika kita menginginkan keberkahan rizki, bertambahnya kemuliaan dan ditinggikannya derajat dalam kehidupan, maka hendaknya ia memperbanyak shadaqah, memberikan maaf dan bersikap tawadhu'. Mudah2an Allah Swt berikan ketiga hal tersebut dalam diri kita.... Amiiin Ya Rabbal Alamiiiin.

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag

0 Comments:

Post a Comment