Rehad (Renungan Hadits) 227
Dan Ada Sunnah-Sunnah Yang Dianjurkan Pada Hari Raya Idul Fitri

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ كُنَّا نُؤْمَرُ بِالْخُرُوجِ فِي الْعِيدَيْنِ وَالْمُخَبَّأَةُ وَالْبِكْرُ قَالَتْ الْحُيَّضُ يَخْرُجْنَ فَيَكُنَّ خَلْفَ النَّاسِ يُكَبِّرْنَ مَعَ النَّاسِ (رواه مسلم)
Dari Ummu Athiyyah ra berkata; Kami diperintahkan untuk turut keluar (ke tempat dilaksanakannya shalat Ied) pada dua hari raya, demikian juga para para gadis. Dan para wanita yang sedang haid juga keluar (ke tempat dilaksanakannya shalat Ied), namun mereka berada di belakang jamaah dan ikut bertakbir bersama mereka. (HR. Muslim, hadits no 1474).

Hikmah Hadits ;
1. Ada beberapa anjuran yang ďisunnahkan dalam rangka merayakan Idul Fitri, sebagaimana terdapat dalam sunnah, yaitu sbb ;
#1. Shalat malam (tahajud), pada malam Idul Fitri. Dari Abu Umamah ra, Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang melaksanakan qiyamullail pada dua malam Ied (Idul Fitri dan Adha), dengan ikhlas karena Allah SWT, maka hatinya tidak akan pernah mati di hari matinya hati-hati manusia. (HR. Ibnu Majah).
#2. Disunnahkan utk mandi, berpakaian yg rapi dan memakai minyak wangi. Dari Fakih bin Sa’d bahwasanya Rasulullah SAW senantiasa mandi pada hari jum’at, hari Arafah, hari Idul Fitri dan hari Idul Adha. (HR. Ahmad)
#3. Mendatangi tempat dilaksanakannya shalat Ied. Dari Ibnu Abbas ra, bahwasanya Rasulullah SAW memerintahkan anak-anak wanitanya dan istri-istrinya untuk keluar (mendatangi tempat shalat Ied) pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. (HR. Ahmad)
#4. Memakan sesuatu terlebih dahulu sebelum berangkat utk shalat Ied. Dari Ali bin Abi Thalib ra berkata, termasuk sunnah jika kamu keluar mendatangi tempat shalat Ied dengan berjalan kaki dan memakan sesuatu sebelum pergi ke tempat shalat Ied.” (HR. Tirmidzi)
#5. Bertakbir mengagungkan asma Allah. Dari Ummu Athiyah ra berkata, kami diperintahkan untuk mendatangi tempat shalat, bahkan perawan di pingitannya dan wanita yang haid diperintahkan untuk mendatangi tempat shalat Ied. Hanya mereka berposisi di belakang shaf kaum muslimin. Mereka bertakbir dengan takbir kaum muslimin, dan berdoa dengan doa kaum muslimin, dengan berharap keberkahan dan kesucian hari tersebut. (HR. Bukhari)
#6. Melalui jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang shalat Ied. Dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah SAW apabila pergi (ke tempat shalat Ied) pada hari Ied melalui satu jalan, maka beliau kembali dari tempat tersebut melalui jalan yang berbeda.” (HR. Tirmidzi)
#7. Saling bermaafan dan saling mengucapkan doa. Dari Khalid bin Ma’dan ra, berkata, Aku menemui Watsilah bin Al-Asqo’ pada hari Ied, lalu aku mengatakan, ‘Taqabbalallah Minna Wa Minka”. Lalu ia menjawab, ‘Iya, Taqabbalallah Minna Wa Minka,’. Kemudian Watsilah berkata, ‘Aku menemui Rasulullah SAW pada hari Ied lalu aku mengucapkan ‘Taqabbalallah Minna Wa Minka’, kemudian Rasulullah SAW menjawab, ‘Ya, Taqabbalallah Minna Wa Minka’ (HR. Baihaqi Dalam Sunan Kubra).
2. Semoga kita bisa mengamalkan sunnah-sunnah dalam merayakan Idul Fitri. Dan sekaligus izinkan kami mengahturkan; Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1438 H. Semoga Allah menerima seluruh amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini. Dan mhn dibukakan pintu maaf juga atas segala salah dan khilaf, baik yang lahir maupun yang bathin. Taqabalallahu Minna Waminkum.. taqabbal Ya Kariiim...

Wallahu A'lam
By. Rikza Maulan, Lc, M.Ag.

0 Comments:

Post a Comment